Monday, May 20, 2013

Teknologi Virtual Reality


Virtual Reality adalah sebuah teknologi yang memungkinkan seseorang melakukan suatu simulasi terhadap suatu objek nyata dengan menggunakan komputer yang mampu membangkitkan suasana 3 dimensi, sehingga pengguna seolah-olah terlibat secara fisik. 

Banyak pendapat yang berbeda-beda tentang pengalaman Virtual Reality yang sebenarnya, tapi pada intinya dapat termasuk :
1.    Gambar tiga dimensi yang muncul atau tampak dengan ukuran yang sebesar aslinya dalam prespektif user.
2.    Kemampuan untuk melacak gerakan si user, terutama pada gerakan kepala dan mata si user dan menyamakan gerakan tersebut dengan gambar yang ditampilkan ke user, sehingga pada saat user melihat kekanan maka gambar pada layar akan berubah layaknya dunia nyata.

Secara sederhana, VR (Virtual Reality) adalah pemunculan gambar tiga dimensi yang terlihat nyata dengan bantuan sejumlah alat tertentu. Dengan teknologi ini pengguna dapat merasakan dunia nyata, padahal berada pada dunia maya. Peralatan yang biasanya digunakan VR adalah helm, walker, headset, dan glove. 

Pada saat ini VR dapat digunakan pada segala bidang, seperti militer dan penerbangan. Pada bidang militer VR dijadikan sebagai alat simulasi peperangan, penggunaan VR juga dapat menghemat biaya dan waktu daripada melakukan latihan peperangan yang sebenarnya. Sedangkan pada bidang penerbangan, VR digunakan sebagai simulasi penerbangan bagi pilot pemula. Selain dari kedua bidang tersebut masih banyak penggunaan dari VR.

Sistem Virtual Reality, yang sekarang digunakan meliputi informasi sentuh, biasanya dikenal dengan umpan balik kekuatan pada aplikasi medis dan judi. Pemakai dapat saling berhubungan dengan suatu lingkungan maya melalui penggunaan keyboard dan mouse. Pada saat ini sangat sukar untuk menciptakan VR dengan kejernihan tinggi karena keterbatasan teknis atas daya proses, resolusi citra, dan lebar pita komunikasi.

Contoh Virtual Reality

Sebagai contoh flight simulator, pesawat dapat dikendalikan oleh user menggunakan sebuah komputer dan menjalankan navigasi penerbangan melalui keyboard. dibawah ini merupakan gambar simuasi kokpit yang dibuat menggunakan teknologi VR:



Dengan berkembangnya Virtual reality membuat Teknologi ini banyak dimanfaatkan dalam berbagai bidang seperti bisnis, pariwisata, pendidikan, militer, medis, olahraga.

Pada latihan untuk memakai parasut, anggota tentara Amerika memakai kacamata atau alat yang dipasang pada kepalanya sehingga tentara tersebut dapat merasakan keadaan layaknya seperti terjun sebenarnya.


Dalam Game, Virtual reality diterapkan pada lingkungan game tersebut dan juga gambar yang muncul tampak berukuran seperti aslinya. Lingkungan dalam game tetap dibuat senyata mungkin walaupun bukan lingkungan dalam gamenya benar-benar nyata (beberapa game ada yang mengambil lingkungan pada kehidupan nyata walaupun tidak sebenarnya ada lingkungan tersebut, tapi gedung, alat-alat yang dipakai, mobil dan lain-lain banyak yang sama dengan dunia nyata). Virtual reality dalam game dapat dilihat pada sebab dan akibat yang dilakukan user terhadap lingkungannya dalam game, seperti misalnya dalam game shooting, user menembak musuh dengan pistol dan dengan Rudal, musuh yang tertembak pistol dengan yang terkena rudal akan berbeda efek atau akibatnya sehingga menimbulkan perasaan kepada pengguna layaknya didunia nyata. Penggunaan lampu LED dan kurangnya ketajaman gambar diperkirakan penyebab dari gejala-gejala tersebut.

Sebagai contoh bermain game. Pada gambar dibawah ini seseorang bermain game tenis dengan memakai teknologi VR. Dengan memakai peralatan remote sebagai pemukul tenis agar bola tersebut dapat dipukul pada permainan dan seolah-olah kita bermain tenis dalam keadaan sebenarnya.


Medical Procedures, simulasi kedokteran yang membawa pengunaa seperti melakukan prosedur medis sebenarnya 



The Cave, teknologi ini menggunakan beberapa dinding dan beberapa projektor untuk menggabungkan user dengan dunia maya.



Sumber:

No comments:

Post a Comment

Post a Comment