Saturday, May 18, 2013

Playstation 3 vs Xbox 360


Produk-produk Console Game seperti Microsoft Xbox 360 dan Sony Playstation 3 mendapat banyak perhatian bagi konsumen terutama para game mania di seluruh dunia. Selama liburan, ulang tahun, perayaan, syukuran, dan kesempatan lain, sebagian orang tua ingin memberikan kosol game terbaru sebagai hadiah untuk anak-anak mereka. Tapi tidak seperti produk pada umumnya seperti tas, hewan peliharaan, produk rumah tangga, pisau atau barang kulit, produk elektronik seperti ini harganya agak mahal bagi sebagian orangm harga tidak stabil, aksesoris banyak, belum lagi game-game yang banyak sekali rilis. Itulah mengapa calon konsumen harus membandingkan kedua produk ini dengan hati-hati sebelum membeli.


Perbandingan Kemampuan 

Pertama adalah CPU (central processing unit) dan GPU (graphics processing unit). Coba tebak mana yang lebih baik antara CPU dan GPU PS3 dengan Xbox 360? Ternyata CPU dan GPU Xbox 360 lebih naik! Bandwidth memori dari Xbox 360 melebihi Playstation 3 sampai lima kalinya.


Namun dalam perbandingan kategori yang lain ada yang dimenangkan oleh PS3 buatan Sony sehingga para pengembang game banyak yang membuat game eksklusif untuk PS3 karena hardware PS3 sangat mendunkung untuk menjalankan game tersebut.


Ketersediaan Game 

Persaingan game di PS3 dengan Xbox 360 sekarang sangat ketat karena para pembuat dan pengembang game mengeluarkan segala kemampuannya untuk membuat game yang menarik, addicted untuk dimainkan. Tingkat penilaian game adalah pada detail grafis, jalan cerita, faktor realitas, bagaimana bermain secara online agar lebih mengasyikkan dan menantang, dll. Apabila kemampuan bermain online lebih diutamakan, maka Xbox 360 adalah pilihan yang tepat. Namun apabila yang diutamakan adalah jalan cerita, kebanyakan game PS3 jalan ceritanya bagus, jadi PS3 menang dalam hal ini.


Banyaknya game yang beredar dan perbedaan kemampuan yang nyaris sama, membuat calon konsumen bingung akan membeli PS3 atau Xbox 360. Hal ini juga dikarenakan PS3 sekarang lebih mudah untuk bermain online, walaupun syaratnya lebih ketat daripada Xbox 360.

Harga Konsol dan Game

Harga untuk konsol dan game juga bersaing. Untuk game asli atau original tidak murah, jadi harus dipikir masak-masak dulu mau membeli game apa. Jangan asal beli daripada kecewa. Untuk harga konsolnya? Sebenarnya hampir sama juga, tinggal sesuaikan dengan kantong calon konsumen.



Intinya tidak seperti membeli permen, kopi, tas, sepatu, dll. Yang termasuk murah, membeli konsol dan game PS3 ataupun Xbox 360 harus diperhitungkan baik-baik agar tidak menimbulkan kekecewaan pada nantinya. Dan ingatlah teknologi selalu berkembang seiring berjalannya waktu, siapa tahu tahun depan sudah ada Xbox 360 versi baru yang sangat modern dan mungkin juga Sony merilis PS4!

Sumber:










No comments:

Post a Comment