1. Regulasi dan
Prosedur Pendirian Perusahaan
·
Bentuk usaha : PT. Exsano Internasional
·
Prosedur dan legalitas :
SYARAT
MEMBUAT PERUSAHAAN (PT)
- Fotocopy Akta pendirian
berbentuk Perseroan dari Notaris.
- Fotocopy Surat Keputusan
Pengesahan Badan Hukum dari Instansi berwenang
- Fotocopy KTP Pemilik / Dirut
Utama / Penanggungjawab perusahaan
- Fotocopy Surat Izin Tempat
Usaha
- Fotocopy Izin Gangguan / HO
- Fotocopy NPWP perusahaan
- Neraca awal perusahaan
- Pasfoto 4 x 6
Ø NPWP
Prosedur pembuatan NPWP baru di kantor pelayanan pajak:
1.
Pendaftaran
Harus dilakukan di Kantor Pajak sesuai domisili KTP (Informasi Kantor Pajak yang sesuai dengan domisili dapat menghubungi
kringpajak (500 200))
2.
Pendaftaran
Manual di kantor pajak sesuai domisili KTP (datang ke KPP sesuai domisili dan
mengisi form dengan membawa fotokopi KTP)
3. Pembuatan NPWP tidak dipungut biaya.
4.
Jangka
waktu penyelesaiannya adalah 1 (satu) hari kerja setelah Bukti Penerimaan Surat
diterbitkan oleh Kantor Pelayanan Pajak (KPP) atau Kantor Pelayanan,
Penyuluhan, dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP). Bukti Penerimaan Surat
diterbitkan KPP atau KP2KP bila permohonan pendaftaran NPWP diterima secara
lengkap. (Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-20/PJ/2013 tentang Tata
Cara Pendaftaran dan Pemberian Nomor Pokok Wajib Pajak, Pelaporan Usaha dan
Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak, Penghapusan Nomor Pokok Wajib Pajak dan
Pencabutan Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak, serta Perubahan Data dan Pemindahan
Wajib Pajak)
Gambar NPWP PT. Exano Internasional
Ø SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan)
Surat ini dikeluarkan oleh instansi
Pemerintahan yaitu melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan kota atau
wilayah domisili perusahaan tersebut didirikan atau beroprasi. Surat ini
berlaku selama perusahaan masih terus berjalan. SIUP dibedakan menjadi 3
golongan berdasarkan modal dan kekayaan perusahaan yang bersangkutan :
- SIUP Besar diberikan kepada
perusahaan yang modal dan kekayaanya dalam akta pendirian di atas Rp
500.000.000,-
- SIUP Sedang diberikan kepada
perusahaan yang modal dan kekayaanya dalam akta pendirian di atas Rp
200.000.000,-
- SIUP Kecil diberikan kepada
perusahaan yang modal dan kekayaanya dalam akta pendirian sampai dengan Rp
200.000.000,-
Persyaratan
Untuk Membuat SIUP :
- Copy seluruh Akta Perusahaan, mulai dari Akta Pendirian
sampai dengan Akta Perubahan terakhir
- Copy seluruh SK / Pelaporan
dari Depkumham
- Copy NPWP Perusahaan
- Copy TDP ( Untuk perubahan /
daftar ulang SIUP )
- Copy KTP Direktur Utama
- Copy Kartu Keluarga jika
Direktur Utama seorang wanita
- ASLI Surat Keterangan Domisili
Perusahaan
- ASLI SIUP yang lama ( untuk
perubahan / daftar ulang SIUP )
- Pas Photo Direktur Utama, 3×4 =
2 lbr berwarna
Gambar SIUP PT. Exano Internasional
Ø TDP PT
Gambar TDP PT. Exano Internasional
Ø SURAT KETERANGAN DOMISILI PERUSAHAAN
Gambar Surat Keterangan Domisili
Perusahaan PT. Exano Internasional
Ø TENDER
Tender adalah istilah yang telah
dikenal luas oleh umum, khususnya oleh para pengusaha di bidang perdagangan umum,
jasa konstruksi, jasa konsultasi, dan lain-lain usaha dan jasa. Tender dilaksanakan melalui suatu sistim Pelelangan Umum atau Pelelangan
Terbatas bagi para pengusaha yang telah memenuhi syarat-syarat dan standar
kualifikasi yang ditentukan sebagai peserta Tender/Pelelangan.
Tujuan Tender :
Menyeleksi
dan Menetapkan Calon Kontraktor yang akan mengerjakan pekerjaan.
Mengajukan
penawaran melalui tender tidak memberikan jaminan keberhasilan dalam bentuk
apapun. Yang penting persiapkanlah dengan matang proposal Anda. Tender
dilaksanakan melalui suatu sistim Pelelangan Umum atau Pelelangan Terbatas bagi
para pengusaha yang telah memenuhi syarat-syarat dan standar kualifikasi yang
ditentukan sebagai peserta Tender/Pelelangan.
Pihak-pihak yang terlibat dalam suatu Tender Barang &
Jasa adalah :
1.
Pihak yang membutuhkan Barang dan Jasa;
2.
Pihak peserta Tender yang menawarkan Barang dan Jasa.
Tender Meliputi
Bidang Usaha :
Perdagangan
umum, jasa konstruksi, jasa konsultasi, dan lain-lain usaha dan jasa.
Isi Surat Perjanjian Pengadaan
Barang dan Jasa
Jika peserta tender lulus dan menjadi pemenang tender berdasarkan penilaian
panitia tender atas penawaran yang diaj akan maka peserta pemenang tersebut
akan diumumkan oleh panitia tender. pada waktu yang ditentukan akan dibuat
Surat Perjanjian pengadaan Barang dan Jasa yang berisikan pasal-pasal yang
menentukan Hak dan Kewajiban kedua belah pihak. Kedua belah pihak dimaksud adalah
instansi yang memerlukan pengadaan jasa dan barang yang ditawarkan oleh
pemenang tender dan pihak Iainnya adalah perusahaan pemenang tender yang akan
melaksanakan pengadaan barang dan jasa.
Pasal-pasal yang lazim ada dalam suatu Surat Perjanjian adalah :
a.) Identitas
pihak-pihak yang membuat dan menandatangani Surat Perjanjian;
b.) Maksud dan
Tujuan dari perjanjian;
c.) Syarat-syarat
pelaksanaan dari pekerjaan (pengadaan);
d.) Jadwal
pelaksanaan sampai waktu perampungan pekerjaan (pengadaan);
e.) Nilai atau Harga dari pelaksanaan pekerjaan (pengadaan) sesuai penawaran
yang disepakati;
f.) Sistim dan
tahap pembayaran harga dari barang dan jasa;
g.) Jaminan timbal-balik dari pihak-pihak yang membuat perjanjian demi
kelancaran pelaksanaan pekerjaan yang disepakati;
h.) Hak dan
kewajiban masing-masing pihak yang membuat perjanjian;
i.) Cara
penyelesaian sesuatu perselisihan sehubungan dengan pelaksanaan perjanjian;
j.) Ketentuan-ketentuan
dalam hal terjadinya Keadaan Memaksa (Force Majeure);
k.) Syarat dan
ketentuan pemutusan perjanjian;
l.) Tempat
kedudukan (domisili) hukum akibat pelaksanaan perjanjian.
Hal-hal
yang patut dipertimbangkan sebelum Anda menyiapkan proposal adalah:
v
Apakah
Anda memiliki kualifikasi dan persyaratan yang dibutuhkan?
v
Apakah
Anda mampu melaksanakan kontrak tersebut sendiri atau Anda akan membutuhkan sub
kontraktor lainya? Sudahkan Anda pikirkan siapa yang akan membantu Anda jika
Anda mendapatkan tender tersebut?
v
Apakah
Anda memiliki cukup modal dan Anda untuk menjalankan pekerjaan yang diminta? Jika
tidak apakah Anda memiliki fasilitas pinjaman dari Bank atau lainnya?
v
Akankah
timbul konflik kepentingan nantinya yang membuat Anda tidak bisa melakasanaan
pekerjaan tersebut?
v
Apakah
Anda sudah siap dari segi sumber daya manusia, peralatan, dan sumber daya
lainnya? Apakah proyek tender ini masih dalam lingkup kemampuan Anda dari segi
keahlian dan lain-lain?
v
Apakah
tender ini akan menguntungkan Anda?
v
Apakah
Anda sudah mengerti betul proses dan peraturan tender yang berlaku di
perusahaan atau lembaga pemerintah yang menawarkan tender?
v
Apakah
ada syarat-syarat khusus lainnya yang diperlukan untuk bisa mengajukan tender?
Adakalanya unit usaha Anda harus memiliki SURAT KETERANGAN TERDAFTAR (SKT)
lebih dulu sebelum dapat berpartisipasi dalam sebuah tender.
v
Carilah
informasi sebanyak-banyaknya tentang perusahaan atau badan pemerintah yang
menawarkan tender dari pihak-pihak yang pernah menjadi rekanan penyediaan
barang/jasa di perusahaan/badan pemerintah tersebut.
Hal-hal
yang perlu di perhatikan untuk menang tender adalah :
ü
Anda
harus memiliki perusahaan yang legal (memiliki Akta Perusahaan, Tanda Daftar
Perusahaan (TDP), Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), Nomor Pokok Wajib Pajak
(NPWP)..) Jika belum punya, segeralah mengurusnya. Tanpa itu, jangan harap Anda
bisa ikut tender.
ü
Cari
informasi sebanyak mungkin tentang pengadaan barang di media massa, bisa
melalui koran seperti Media Indonesia, Koran Nasional lainnya, Koran Daerah
yang terbit di satu Provinsi maupun melalui internet pada portal e-procurement
milik pemerintah daerah, atau datang ke lembaga/instansi yang bersangkutan.
ü
Ajukan
penawaran dengan harga yang pantas untuk barang dan jasa yang diminta secara
berkualitas. Perhatikan garansi, layanan purna jual dan item-item pekerjaan
yang diminta. Periksa dalam dokumen lelang untuk mengetahui methode penilaian
dokumen yang akan dilakukan oleh Panitia Pelelangan. Anda harus memahaminya
untuk memenangi tender tersebut.
ü
Telitilah
dalam mengisi dokumen penawaran. Periksa instruksi-instruksi yang diberikan
dalam dokumen lelang. Jangan merubah setiap deskripsi yang telah ditentukan
dalam dokumen tersebut. Atau Anda pasti kalah tender.
ü
Hindari
main curang. Apalagi KKN dengan Panitia Pelelangan. Bermainlah secara fair.
Jangan paksakan ambil untung banyak, tapi malah buntung. Biar untung sedikit,
yang penting halal.
ü
Hindarilah
upaya mengintimidasi peserta tender lainnya. Apalagi mengintimidasi Panitia
Pelelangan. Bagaimanapun Anda sedang menengadahkan tangan. Berlaku sopan akan
lebih banyak menimbulkan simpati.
Mengikuti tender adalah salah satu cara untuk mendapatkan
kontrak bisnis dalam skala besar atau memperluas usaha Anda. Banyak perusahaan
yang secara teratur menyelenggarakan tender. Beberapa instansi pemerintah kini
bahkan memuat semua tender dan investasi pemerintah di media cetak agar
siapapun dapat mengikutinya.
Contoh
Proposal Tender
PT. Exsano Internasional
General Supply for Oil and Gas Field
Jalan. Raya Margasatwa, Haji Beden 2
Cilandak, Jakarta Selatan - 12450
Office: (021) 7122 6252
Phone: 0878 0906 8801
Contoh
Surat penawaran proyek:
Gambar Contoh Surat Penawaran Proyek
- SDM dan Organisasi
Ø
Deskripsi
dan Spesifikasi Tugas
1.) General Manajer
Dalam
sebuah perusahaan tugas dari general manajer adalah memimpin perusahaan. Selain
itu, seorang general manajer memiliki tanggung jawab pada keseluruhan sistem
yang berjalan dalam sebuah perusahaan. Dalam melaksanakan fungsinya, general
manajer akan dibantu oleh beberapa manajer yang memiliki fungsi spesialisasi.
Kebijakan
general manajer merupakan hal tertinggi yang harus dipatuhi oleh anggota
perusahaan lainnya karena ia merupakan posisi tertinggi yang terdapat di dalam
struktur organisasi perusahaan.
2.) Direktur
Tugasnya
adalah memimpin bagian khusus dalam perusahaan serta melakukan koordinasi antar
divisi dan memberikan laporan kepada general manajer. Setiap bagian, tidak
memiliki garis komando lintas divisi sehingga hanya bisa mengambil kebijakan
pada masing-masing divisi.
Seperti pada divisi marketing, tidak bisa memberikan intervensi kepada divisi keuangan. Yang bisa dilakukan adalah memberikan informasi dan masukan yang dibutuhkan pada bagian lain.
Seperti pada divisi marketing, tidak bisa memberikan intervensi kepada divisi keuangan. Yang bisa dilakukan adalah memberikan informasi dan masukan yang dibutuhkan pada bagian lain.
Oleh karena itu, direktur memiliki tugas yang sangat
terarah sehingga tanggung jawab yang diembannya pun harus mampu
ditransparasikan kepada general manajer dan kepada divisi lain sebagai bukti
adanya satu kesatuan visi dan misi dalam struktur organisasi perusahaan.
3.) General Affair
3.) General Affair
Merupakan
bagian divisi yang bertugas untuk menyediakan segala kebutuhan dan perlengkapan
guna menunjang aktivitas perusahaan. Seperti untuk mengurusi masalah seragam
karyawan, mobil dinas, mess karyawan, pemeliharaan lingkungan kantor atau juga
memilih mitra kesehatan dengan perusahaan.
Dalam
struktur organisasi perusahaan, general affair ini juga mempunyai peranan yang
sangat penting dalam memajukan perusahaan karena tanpa keseragaman karyawan
yang baik, maka perusahaan juga tidak akan terlihat rapi dan terkoordinasi.
4.) Personalia Department
Divisi
ini memiliki tugas untuk menjaga kualitas sumber daya manusia perusahaan.
Prosesnya dimulai dari masa perekrutan, penggantian jabatan, promosi dan mutasi
karyawan, penilaian kinerja, pemberian penghargaan serta menjaga kinerja
karyawan.
Dalam
proses perekrutan pegawai baru, pihak inilah yang berfungsi secara khusus untuk
bisa memilih dan mendapatkan pegawai yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.
5.) Accounting Departmen
5.) Accounting Departmen
Merupakan
departemen yang bertugas untuk mencatat serta mengatur masalah keuangan
perusahaan. Divisi ini juga bertugas untuk mengadakan audit atas kinerja yang
sudah dilakukan divisi lain, guna menghindari terjadinya penyalahgunaan
khususnya di bidang keuangan, termasuk mengontrol keseimbangan keuangan
perusahaan.
Pada
bagian ini, pegawai yang ditunjuk haruslah bersikap jujur dan teliti karena
jika tidak, maka perusahaan akan kehilangan berbagai aset yang berpotensi
memajukan perusahaan.
6.) Purchasing Department
6.) Purchasing Department
Divisi
ini biasanya dimiliki oleh perusahaan manufaktur. Tugasnya adalah membeli bahan
baku produksi. Selain itu divisi ini juga bertugas menjalin kerjasama dengan
pihak supplier bahan baku guna menjamin kelangsungan proses produksi
perusahaan.
Divisi
inilah yang bertanggung jawab terhadap proses praproduksi perusahaan agar bisa
menghasilkan produk barang atau jasa yang baik, yang sesuai dengan visi dan
misi perusahaan.
7.) Marketing Department
7.) Marketing Department
Divisi
marketing merupakan divisi ujung tombak perusahaan. Sebab, tugas divisi ini
adalah memasarkan semua produk yang dihasilkan oleh perusahaan. Dengan
demikian, perusahaan bisa mendapatkan keuntungan jika produk yang mereka
hasilkan bisa laku di pasaran. Perusahaan
dengan divisi marketing yang baik akan mendapatkan hasil yang baik pula. Oleh
sebab itulah banyak perusahaan yang mencari pegawai untuk posisi marketing
dengan syarat-syarat pandai berkomunikasi, serta menarik secara penampilan
karena kedua hal tersebut yang mampu meningkatkan daya tarik klien terhadap
produk perusahaan tersebut.
8.) Maintenance Deparment
8.) Maintenance Deparment
Divisi
ini biasanya disiapkan bagi perusahaan manufaktur atau juga bagi perusahaan
yang memiliki kantor sendiri. Sementara bagi perusahaan yang gedung kantornya
masih bergabung dengan perusahaan lain secara menyewa, biasanya meniadakan
divisi ini. Sebab divisi ini bertugas memelihara perangkat yang terkait proses
operasional perusahaan.
Seperti
menjaga mesin produksi, instalasi listrik, pendingin atau menjaga
perangkat komputer. oleh karenanya, tidak semua perusahaan memiliki divisi ini,
khususnya perusahaan jasa dan perusahaan yang gedung kantornya masih dalam
status sewa.
9.) Database Administrator
Data base administrator adalah seseorang yang bertugas untuk melakukan implementasi
terhadap database dan melakukan realisasi database secara fisik. Tugas seorang
database administrator juga mencakup control terhadap keamanan dan integritas
database.
10.) Entry Data
Dalam
Divisi ini mereke bertugas mengisi
data kedalam sistem dengan mengunakan aplikasi, seorang data entry juga
dibiasakan rapi dalam menulis dan memiliki metode dan punya semangat kerja yang
tinggi.
11.) Web Programmer
Tugas
dari Web Programmer yaitu Mengerjakan pekerjaan pemograman websiteinternal
maupun external untuk mendukung tujuan strategis. Memastikan bahwa fungsi
kreatifberoperasi secara efisien dan menguntungkan. Menjaga standart kualitas
pada produksi web program dan juga pekerjaan yang berhubungan dengan website.
Ø
Sistem
penggajian
Ruang lingkup penyusunan Sistem Gaji
mencakup :
1.
Penelitian
Pendahuluan (Preliminary Survey) :
v Penelaahan Struktur Organisasi yang
berlaku saat ini.
v Evaluasi Pekerjaan/Jabatan
(diasumsikan Job Description/Uraian Jabatan dan Spesifikasi Jabatan telah
dimiliki).
v Penelahaan berbagai jenis
tugas/pekerjaan/jabatan di lapangan (on the spot).
2.
Pembuatan
Disain Sistem Penggjian :
v Penentuan Faktor-faktor dan
Sub-faktor tugas/jabatan/pekerjaan.
v Penyusunan Skala Faktor Jabatan.
v Penyusunan Skala Gaji Pokok
3.
Pembobotan
Faktor dan Sub-faktor bersama-sama dengan Key Person (Counter-part).
4.
Pembuatan
Skala Gaji Pokok dengan dasar Pengalaman/Masa Kerja dan Latar Belakang
Keakhlian.
5.
Penghitungan
final Sistem Gaji/Imbalan/Kompensasi.
6.
Pembuatan
Laporan Akhir
7.
Sosialisasi
(memperkenalkan) Sistem Gaji/Imbalan/Kompensasi kepada Karyawan bersama-sama
Key Person masing-masing Unit Kerja.
3. Aspek
Pemasaran
Ø Spesifikasi
Produk Barang PT. EXSANO
INTERNASIONAL
Berikut
ini adalah barang - barang yang tersedia di PT. EXSANO INTERNASIONAL :
·
AUTOMOTIVE EQUIPMENT
·
WOOD WORKING EQUIPMENT
·
STORAGE SYSTEM
·
MATERIAL HANDLING AND LIFTING EQUIPMENT
·
CHEMICAL PRODUCT
·
MEASURING AND TESTING EQUIPMENT
·
MACHINERY AND MACHINE TOOLS ACCESSORIES
·
MARKING MACHINE
·
SAFETY EQUIPMENT
Ø
STRATEGI
PROMOSI
·
Sampai sejauh
ini PT. Exsano International sedang membuat media promosi melalui media
internet berupa website perusaahan yang berisikan informasi mengenai barang dan
jasa yang ditawarkan oleh perusahaan.
·
Mengajukan
proposal ke perusahaan – perusahaan Minyak dan Gas (MIGAS) dan perusahaan lain
yang memungkinkan membutuhkan barang dan jasa dari PT.Exsano International.
·
Mendirikan stand
di pameran atau event – event dibidang bisnis
·
Menjalin
komikasi yang baik dengan manager atau petinggi perusahaan lain.
- Aspek Keuangan
Secara umum dalam pelaksanaan
proyek, komponen biaya dibagi atas:
Biaya Personil
Biaya
personil adalah komponen-komponen biaya yang dikeluarkan untuk membayar honor dan
gaji tim kerja yang bekerja dengan kita. Hitung komponen biaya berdasarkan kesepakatan
dengan anggota tim, apakah akan berdasarkan orang-jam/man-hour, oranghari/ man-day
atau orang-bulan/man-month. Masukkan seluruh anggota tim kerja dari mulai
Manajer Proyek sampai Office-boy yang membantu kelancaran pekerjaan tim.
Biaya
Nonpersonil
Biaya
nonpersonil adalah komponen-komponen biaya yang harus dikeluarkan untuk mendukung
kelancaran pelaksanaan proyek. Komponen-komponen biaya tersebut antara lain:
1.
Biaya Transportasi
Hitung
kebutuhan transportasi baik untuk di dalam kota maupun luar kota. Untuk
transportasi dalam kota dapat menggunakan perhitungan estimasi harga per liter
premium untuk per lima kilometer jarak.
Pada
saat berangkat untuk penugasan luar kota tentunya ada biaya tambahan untuk kita
maupun tim kerja yang ditugaskan. Untuk menghitung biaya allowance ini dapat
menggunakan contoh sebagai berikut:
+ Uang makan 3 kali sehari Rp
90.000,- (jika penugasan luar kota)
+ Biaya komunikasi sehari Rp
15.000,-
2.
Biaya Rutin
Biaya
rutin adalah ongkos-ongkos yang harus dikeluarkan rutin selama kegiatan berlangsung
seperti telepon, sambungan internet, korespondensi, listrik, air, gas, keamanan,
pemeliharaan, dan sebagainya.
3.
Biaya Pemanfaatan Peralatan dan Sewa
Biaya
pemanfaatan peralatan/sewa adalah ongkos-ongkos yang harus dikeluarkan seperti
sewa ruangan (kerja/produksi, presentasi dan pelatihan), komputer, printer,
kendaraan, dan sebagainya. Masukkan seluruh komponen tersebut sekalipun tidak
disampaikan kepada klien karena biasanya mereka menolak untuk membayar
beban-beban tersebut.
4.
Biaya Belanja Barang Pakai Habis
Biaya
belanja barang pakai habis adalah biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli
barang-barang seperti kertas, alat tulis kantor, tinta printer, disket, CD/DVD,
dan sebagainya.
5.
Biaya Penyusunan Laporan
Biaya
penyusunan laporan adalah biaya yang harus dikeluarkan dalam penyusunan laporan
kegiatan dan modul user manual dari misalnya: proyek aplikasi perangkat lunak
yang kita bangun. Perkirakan berapa biaya yang habis untuk kerja orang yang
mengetik dan mengeditnya, pencetakan, pemaketan dan pengirimannya.
Estimasi
Biaya
Estimasi biaya mempunyai pengertian
sebagai berikut:
v Perkiraan biaya
yaitu melihat, memperhitungkan dan mengadakan perkiraan atas hal hal yang akan
terjadi selanjutnya
v Analisis biaya
yang berarti pengkajian dan pembahasan biaya yang pernah ada yang digunakan
sebagai informasi yang penting
Kualitas estimasi sangat
ditentukan oleh :
v
Tersedianya
data dan informasi
v
Teknik
dan metode yang digunakan
v
Kecakapan
dan pengalaman estimator
v
Tujuan
pemakaian perkiraan biaya
Sumber informasi terbaik adalah
pengalaman perusahaan dari proyek-proyek yang pernah dikerjakan.
Penyusun
Anggaran
Business
Budget atau Budget (Anggaran) ialah suatu rencana yang disusun secara sistematis,
yang meliputi seluruh kegiatan perusahaan (yang menimbulkan penerimaan/hak dan
juga pengeluaran/kewajiban), yang dinyatakan dalam unit (kesatuan) moneter dan
berlaku untuk jangka waktu / periode tertentu yang akan datang. (Munandar,
1997)
Unsur-unsur Budgeting/Anggaran :
Rencana, penentuan terlebih
dahulu tentang berbagai aktivitas yang akan dilakukan di waktu yang akan
datang. Rencana tersebut memiliki spesifikasi- spesifikasi tertentu, seperti;
·
disusun
secara sistematis,
·
mencakup
seluruh kegiatan perusahaan, dan dinyatakan dalam satuan moneter/uang
Meliputi seluruh kegiatan
perusahaan :
·
Fungsi
produksi
·
Fungsi
pembelanjaan/keuangan
·
Fungsi
administrasi
·
Fungsi
pemasaran
·
Fungsi
personalia
Budget/Anggaran untuk waktu yang
akan datang (berdasarkan periode penyusunannya) :
v Budget Taktis
v Budget Harian
v Budget Mingguan
v Budget Bulanan
v Budget Strategis
v Budget Tahunan
v Atau Sesuai
kebutuhan
Beberapa faktor yang mempengaruhi
jangka waktu berlakunya budget/anggaran
v Luas
pasar/pekerjaan
v Posisi
perusahaan dalam persaingan
v Jenis produk
yang dihasilkan (Elastis atau In-elastis)
v Tersedianya data
dan informasi
v Keadaan
perekonomian
Faktor- Faktor
Yang Mempengaruhi Penyusunan Budget/Anggaran
Faktor-faktor
Intern
a. Penjualan tahun-tahun yang
lalu
b. Kebijaksanaan perusahaan yang
berhubungan dengan masalah harga jual, syarat pembayaran barang yang dijual,
pemilihan saluran distribusi dan sebagainya
c. Kapasitas produksi yang
dimiliki perusahaan
d. Tenaga kerja yang dimiliki
perusahaan
e. Modal kerja perusahaan
f. Fasilitas-fasilitas perusahaan
g. Kebijaksanaan-kebijaksanaan
perusahaan yang berkaitan dengan pelaksanaan fungsifungsi perusahaan, baik di
bidang pemasaran, produksi, pembelanjaan, administrasi maupun personalia.
Faktor-faktor Ekstern
a. Keadaan persaingan
b. Tingkat pertumbuhan penduduk
c. Tingkat penghasilan masyarakat
d. Tingkat pendidikan masyarakat
e. Tingkat penyebaran penduduk
f. Agama, adat istiadat dan
kebiasaan-kebiasaan masyarakat
g. Berbagai kebijaksanaan
pemerintah, baik di bidang politik, ekonomi, sosial, budaya
maupun keamanan
h. Keadaan perekonomian nasional
maupun internasional, kemajuan teknologi dan sebagainya
Proses Utama Penyusunan
Budget/Anggaran :
v Identifikasi
kebutuhan
v Mengumpulkan
data dan informasi
v Mengolah dan
menganalisis data dan informasi
v Menyusun budget
v Pengkoordinasian
dan evaluasi budget
Tabel
Laporan Induk Rugi Laba
Tabel Laporan Induk Rugi Laba
Sumber:
- http://denissopyan2004.blogspot.com/2009/02/tips-menghitung-anggaran-biaya-software.html
- http://file.upi.edu/Direktori/E%20-%20FPTK/JUR.%20PEND.TEKNIK%20SIPIL/195610121985032%20-%20ROCHANY%20NATAWIDJANA/EST.%20BIAYA.pdf
- http://dewi_anggraini.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/18275/BUDGETING.pdf
- http://www.kawanlama.com/
- http://www.ilmusipil.com/cara-menang-tender-pengadaan-barang-dan-jasa
- http://portalukm.com
- http://zechreich.wordpress.com
- http://arkibao67.blogspot.com/2013/11/contoh-prosedur-suatu-perusahaan-ikut.html
- http://cumi-unik.blogspot.com/2013/11/contoh-prosedur-suatu-perusahaan-ikut.html
- http://hikaru92.blogspot.com/2013/11/contoh-prosedur-suatu-perusahaan.html
- http://kolombloggratis.blogspot.com/2012/09/cara-membuat-surat-ijin-usaha.html#ixzz2paQabMJE
- http://www.satulayanan.net/layanan/npwp/buat-npwp-baru
No comments:
Post a Comment