Thursday, October 4, 2012

Desain Pemodelan Grafik



Di dalam dunia komputer dan juga dalam bidang IT, desain pemodelan grafik sesuatu hal yang tidak asing lagi kita dengar. Desain pemodelan grafik dari 3 kata tersebut memiliki arti yang berbeda. Di sini saya menjelaskan arti Desain Pemodelan Grafik menurut pendapat saya. Arti Desain adalah berarti merancang atau proses untuk membuat. Arti Pemodelan adalah hasil yang dirancang atau hasil yang dibuat. Sedangkan grafik adalah sebuah gambaran dalam bentuk 2 dimensi atau 3 dimensi. Grafik komputer adalah suatu proses pembuatan, penyimpanan dan manipulasi model dan citra menggunakan komputer. Setelah disimpulkan semua arti dari desain pemodelan grafik adalah merancang atau proses membuat  suatu model dalam bentuk 2 dimensi atau 3 dimensi dengan bantuan bantuan perangkat lunak (software) komputer.


Perkembangan komputer grafis memiliki dampak yang besar pada banyak jenis media dan telah merevolusi industri dibidang animasi dan video game. Biasanya istilah komputer grafik banyak digunakan pada beberapa hal:
  1. Representasi dan manipulasi data citra oleh komputer
  2. berbagai teknologi yang digunakan untuk membuat dan memanipulasi gambar
  3. pada gambar yang dihasilkan
  4. sub-bidang ilmu komputer yang mempelajari metode untuk mensintesis digital dan memanipulasi konten visual

Saat ini, komputer grafis mengahsilkan segala sesuatu yang banyak berkaitan dengan berbagai aspek kehidupan kita sehari-hari. Citra komputer grafik dapat ditemukan di televisi, di koran, film dsb. Seperti misalnya dalam laporan cuaca  atau dalam semua jenis penyelidikan medis dan prosedur operasi.  Grafis yang dibuat dengan baik dapat mepresentasikan hal yang terlihat sulit menjadi suatu hal yang mudah dan dapat dipahami. Grafik juga dapat digunakan dalam media seperti laporan, thesis,serta tugas-tugas makalah. Untuk mendukung perkembangan ini telah banyak perangkat lunak yang diciptakan untuk mendukung kinerja dari komputer grafis atau CG. Perangkat-perankat lunak tersebut dapat dikategorikan menjadi 3, yaitu: untuk 2D, 3D, dan animasi grafis. Karena teknologi berkembang pesat kebanyakan digunakan adalah perangkat 3D ,tetapi tidak sedikit yang masih menggunakan perangkat komputer grafis  2D. Oleh karena itu Komputer Grafis telah muncul sebagai sub-bidang  ilmu komputer yang mempelajari metode untuk mensintesis digital dan memanipulasi konten visual.

Berikut adalah kegiatan yang berkaitan dengan grafik komputer:
1.Pemodelan geometris : menciptakan model matematika dari objek-objek 2D dan 3D.
2.Rendering : memproduksi citra yang lebih solid dari model yang telah dibentuk.
3.Animasi : Menetapkan/menampilkan kembali tingkah laku/behaviour objek bergantung waktu.

Ada beberapa software yang digunakan dalam desain grafis:

·         Desktop publishing
·         Adobe Photoshop
·         Adobe Illustrator
·         Adobe Indesign
·         Page Maker
·         Coreldraw
·         GIMP
·         Inkscape
·         Adobe Freehand
·         Adobe image ready
·         CorelDraw
·         Webdesign
·         Macromedia Dreamweaver
·         Microsoft Frontpage
·         Notepad
·         Adobe Photoshop
·         Audiovisual
·         Adobe After Effect
·         Adobe Premier
·         Final Cut
·         Adobe Flash, atau sebelumnya Macromedia Flash
·         Ulead Video Studio
·         Magic Movie Edit Pro
·         Power Director
·         Rendering 3 Dimensi
·         3D StudioMax
·         Maya
·         AutoCad
·         Google SketchUp


3D Studio Max (kadangkala disebut 3ds Max atau hanya MAX) adalah sebuah perangkat lunak grafik vektor 3-dimensi dan animasi, ditulis oleh Autodesk Media & Entertainment (dulunya dikenal sebagai Discreet and Kinetix. Program aplikasi ini banyak digunakan dalam pembuatan film animasi 3 dimensi maupun finishing object, baik untuk keperluan film, iklan, arsitektural (interior dan exterior, 3D building design), dan kegunaan lainnya yang berhubungan dengan pembuatan obyek tiga dimensi. Hasil akhir 3D’s Max adalah file dalam  bentuk JPEG (single) maupun AVI (animasi). Perangkat lunak ini dikembangkan dari pendahulunya 3D Studio fo DOS, tetapi untuk platform Win32. Kinetix kemudian bergabung dengan akuisisi terakhir Autodesk, Discreet Logic. Versi terbaru 3Ds Max pada Juli 2005 adalah 7. 3Ds Max Autodesk 8 diperkirakan akan tersedia pada akhir tahun. Hal ini telah diumumkan oleh Discreet di Siggraph 2005.

Dibawah ini adalah contoh screenshoot yang memakai 3D Studio Max

 


 
 sumber :

http://aaf-aafwulan.blogspot.com/2011/09/desain-pemodelan-grafis.html

http://g2hcombro.wordpress.com/2010/02/27/artikel-desain-pemodelan-grafik/

http://dinifitri.blogspot.com/2010/10/desain-pemodelan-grafik.html
http://id.wikipedia.org/wiki/3D_Studio_Max
http://www.smilejogja.com/rancang-bangun/3ds-max/